Antisipasi Keadaan Darurat Menggunakan Aplikasi DARURAT!

Detail of Flashing Red Siren Light on Roof of Emergency Vehicle / Shutterstock

Mempersiapkan diri sebelum pergi beraktivitas ke luar rumah merupakan kesiagaan yang harus dipersiapkan bagi tiap individu. Guna mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan, masyarakat dapat memanfaatkan sebuah aplikasi berguna di smartphone. Dikembangkan oleh tim Meridian, aplikasi berbasis Android DARURAT! dapat membantu Anda mengatasi kepanikan saat keadaan darurat datang. Saat ini DARURAT baru bisa digunakan untuk masyarakat yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya.
Sederhananya, aplikasi ini merupakan direktori yang mampu menghubungkan pengguna dengan instansi-instansi darurat seperti BPOM, SAR, BPBD, rumah sakit, polisi, PMI, pemadam kebakaran, SPBU, dan keluarga terdekat secara langsung dari genggaman mereka.
Aplikasi DARURAT memiliki sembilan navigasi utama tersebut yang memudahkan akses cepat untuk menghubunginya di halaman utama aplikasi. Namun sebelum menggunakannya, pengguna harus melakukan pendaftaran singkat dengan mengisi data dan nomor telepon darurat. Nomor telepon darurat sebaiknya berupa kontak seseorang yang bisa dengan cepat merespon jika terjadi sesuatu pada diri mereka.
Di tiap navigasi tersebut, pengguna dapat langsung melakukan panggilan suara berdasarkan posisi terdekat yang tersedia. Shortcut tersebut sangat membantu jika pengguna dalam keadaan panik. Selain pilihan untuk melakukan panggilan suara, tiap kategori juga menyediakan daftar map dan list, yaitu daftar tempat lain yang tersedia beserta sebuah peta yang menampilkan posisi terkini pengguna dan instansi yang ada di sekitarnya. Sayangnya, fitur geotagging hanya menampilkan posisi pengguna tanpa memperlihatkan pin dari instansi terkait.
photo 2
Di luar navigasi di halaman yang juga berfungsi sebagai fitur utama, pengguna dapat mengakses fitur lain melalui slide di sebelah kiri aplikasi. Pengguna dapat melihat halaman Beranda, Profil, Bantuan, Info Aplikasi, dan Sebarkan. Halaman Profil bisa diasumsikan dapat mengatur data dari informasi pengguna, namun saat ini fitur belum dapat dimanfaatkan. Sementara halaman Bantuan, berisi persis dengan halaman utama yang terdiri dari sembilan navigasi di fitur utama, hanya saja tidak dapat diakses.
Dua halaman lainnya yaitu Info dan Sebarkan memaparkan deskripsi singkat tentang aplikasi DARURAT dan kontak yang mungkin diperlukan untuk disebarkan.
Secara tampilan, aplikasi DARURAT! memiliki perpaduan warna yang sudah cukup menarik. Meskipun demikian tim Meridian harus membenahi secara seksama kelengkapan aplikasi, seperti fitur Bantuan dan Profil yang masih belum tersedia. Lebih bagus lagi jika aplikasi ini menambah basisdata informasinya ke kota-kota lain. Aplikasi DARURAT! tersedia untuk platform Android dan dapat diunduh di tautan berikut ini.
Logo-Baidu Browser
Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser.http://goo.gl/WKlc5i

--
Konten ini disindikasi dari DailySocial.net, media industri teknologi, startup dan investasi #1 di Indonesia. Antisipasi Keadaan Darurat Menggunakan Aplikasi DARURAT!